Orang teknik dalam role Managerial, Kekuatan atau Kelemahan?

Saya termasuk salah satu alumni teknik yang telah menjalani banyak role dari teknik sampai non teknik.

Keunggulan orang teknik adalah pada pola pikir sistematis dan runut. Hal ini berguna sekali ketika melakukan problem solving. Menjadi terbiasa melakukannya dengan metode metode yang sudah proven, bukan hanya dengan intuisi semata.

Decision making, problem solving menjadi hal yang bisa diajarkan kepada tim, karena ada panduan panduan bagi pemula. Nanti tinggal ditutup dengan intuisi yang harus dilatih dengan pengalaman.

Yang harus dikuasai juga yaitu tentang mengkomunikasikan capaian. Bisa dengan banyak cara: ngobrol tentang capaian, bikin report, menyediakan dashboard, selalu aktif dalam diskusi.

Hal lain juga yang muncul terkait dengan orang teknik di role manajerial adalah soft skill yang dianggap kurang di orang teknik yang dominan hard skillnya.

Sebenarnya dominan itu hanya karena sering dipakai dan terlihat saja. Sebenarnya kalau ada ruang dan kesempatan, softskill orang teknik tidak kalah dengan orang non teknik.

Contoh mudah: cak lontong adalah salah satu komedian sebenarnya adalah engineer teknik elektro.

Jadi dari background manapun, semua orang berpeluang menempati posisi apapun, tergantung pada kesempatan dan kompetensi. Maka jangan berhenti pada satu kompetensi yang statis dan tidak pernah dikembangkan. Setiap orang berpeluang tergantikan, hanya orang – orang yang terus upgrade diri agar tetap relevan yang akan terus bertahan

#PersonalDevelopment
#PersonalBranding
#Karir

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top