Skip to content
Home » Pasar Indonesia itu Unik. Formula Sales ala Bule sering mentok disini.

Pasar Indonesia itu Unik. Formula Sales ala Bule sering mentok disini.

Harus pakai jurusnya Ari Lasso: “Sentuhlah dia tepat dihatinya”
Walaupun personal, tapi kalau nggak klik, gagal !

Formula sales ala Barat yang serba sistematis, to the point, dan “dingin”, sering kali gagal di sini. Yang berhasil justru pendekatan yang lebih personal, “mengerti”, dan manusiawi

Kenapa ini penting?

Tiap hari banyak email masuk, isinya gitu-gitu aja, berisi penawaran barang dan jasa ini itu, polanya:

1. Spam email (Generic, Tidak Personal)

Contoh Formatnya:
Kepada Yth, Perusahaan Pemerintah BUMN & Swasta PT, LTD, TBK
Up : Pimpinan / Manager
From : …
Contacts : …
Perihal : Penawaran …

2. Informasi Jadwal Kegiatan

Formatnya seperti brosur

Kelas Online/Offline
Jadwal Kegiatan :
Materi Pelatihan :
Fasilitas Peserta :
Biaya Pelatihan :
Info Selengkapnya & Pendaftaran Disini :

3. Ngajak Meeting (Pakai template, mencoba personal)

Contoh formatnya seperti di gambar. Cirinya ada ending “Would a quick 15-minute chat be valuable?”, “Would you be open for a quick online introduction?”, “Are you interested to explore more?”, “Bolehkah saya meminta nomor WhatsApp untuk diskusi selanjutnya?”

Semua mencoba terlihat personal, tapi terasa generik. Kita tahu itu template.

Saya bukan expert B2B, bukan jago Email marketing. Profesi sales adalah salah satu pekerjaan yang tidak mudah. Sales itu seni.

Sampai saat ini saya belum tahu pola “Email marketing” seperti apa yang works dan konversinya tinggi. Proses sales-marketing itu seperti cari jodoh, tidak ada formula yang baku yang works dengan hasil sama di semua sektor dan level bisnis.

Bahkan formula sales ala Eropa-Amerika failed disini. Beberapa kali baca postingan pak Sufi Rafa’ee memang related banget, dan masuk banget dengan pola B2B indonesia. Banyak orang yang tidak kita tawari, justru datang sendiri karena trust dan rekam jejak.

Jadi apa kesimpulannya?
Sales adalah memberi solusi, bukan mengeruk pundi-pundi dari klien.
Sales adalah pertukaran Value, bukan hanya closing.
Namanya pertukaran selalu ada Take and Give yang seimbang.

Jadi formula anda yang mana? 1, 2, 3? atau ada Secret Formula sendiri?

Tags:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *