Persaingan pencari kerja: Kandidat Experienced bukanlah musuh dari Fresh Graduate

Teorinya seperti itu ya, walaupun pemikiran user bisa berubah ketika sudah masuk tahap dan fase rekrutmen.

Persaingan dalam pencarian kerja memiliki tingkatan. Kandidat berpengalaman bukanlah musuh dari lulusan baru. Karena keduanya memperebutkan target yang berbeda.

Ekspektasi seseorang biasanya tidak jauh dari 3 aspek: posisi apa, level apa, dengan bayaran berapa.Tiga hal ini memiliki peran yang sangat penting. Saat bersaing untuk posisi level entry, lulusan baru memang memiliki keunggulan. Bukan karena perusahaan tidak mampu membayar gaji yang tinggi, tetapi lebih karena pekerjaan tersebut tidak memerlukan keterampilan dan pengalaman yang tinggi. Mengapa membayar mahal untuk keterampilan dan pengalaman jika tidak memberikan dampak signifikan pada posisi tersebut?

Misal, untuk posisi Kasir, apakah yang membedakan antara kandidat berpengalaman 1-2-3-4-5 tahun dalam role kasir?. Mungkin ada beda pengalaman, tapi itu tidak berpengaruh banyak pada role ini.

Di sisi lain, pada pencari kerja level berpengalaman, terutama bagi individu yang berusia di atas 40-an, persaingan biasanya berada di level manajerial. Saingan mereka berasal dari berbagai latar belakang pengalaman yang berbeda. Bahkan mungkin background pendidikan sudah tidak terlalu menjadi perhatian disini.

Dalam menghadapi persaingan ini, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

Fokus pada keterampilan yang relevan

Penting untuk mengidentifikasi dan mengembangkan keterampilan yang sesuai dengan posisi yang dituju. Teruslah belajar dan mengikuti perkembangan terkini di bidang yang ingin ditekuni.

Menonjolkan pencapaian dan kontribusi

Saat mencari pekerjaan, penting untuk menyoroti pencapaian dan kontribusi yang telah dibuat sepanjang karier. Hal ini dapat membedakan diri dari pesaing yang memiliki pengalaman serupa.

Jaringan dan koneksi

Membangun jaringan dan menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja, teman, atau profesional di bidang yang dikejar dapat membuka peluang pekerjaan. Berpartisipasi dalam acara industri, seminar, atau komunitas online juga dapat memperluas jaringan. Linkedin merupakan salah satu platform yang mendukung poin ini.

Menyesuaikan dengan perubahan

Fleksibilitas dan adaptabilitas sangat penting dalam menghadapi persaingan yang beragam, contohnya Bersedia mengambil risiko, belajar hal-hal baru, dan beradaptasi dengan perubahan

Mencari peluang pengembangan

Manfaatkan peluang untuk mengikuti pelatihan, kursus, atau sertifikasi yang relevan. Lebih efektif menunjukkan capaian, daripada mengklaim bahwa memiliki growth mindset tapi tidak pernah belajar.

Dalam menghadapi persaingan di pasar kerja era saat ini, penting untuk memiliki sikap positif, tekad yang kuat, dan keterampilan yang relevan. Dengan memfokuskan diri pada hal-hal tersebut, siapa pun dapat mengatasi tantangan persaingan & unggul dibandingkan kandidat lain.

#PersonalDevelopment
#Karir
#PersonalBranding

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top