Bertanya tapi sebenarnya sudah paham, bener nggak sih?

Bertanya itu memiliki 3 tujuan:
– Mencari jawaban atas apa yang tidak kita tahu
– Memverifikasi/Klarifikasi/Menguatkan pengetahuan kita atas suatu hal
– Membuat kita “terlihat” dalam sebuah forum

Dalam buku Simon Sinek – Start with WHY, alasan melakukan sesuatu adalah hal terpenting yang perlu dimiliki oleh seseorang dan seorang leader untuk menggerakkan timnya agar mengikuti apa yang dia arahkan.

Dengan WHY yang kuat, seseorang akan memiliki motivasi internal yang diyakini bukan hanya sekedar perintah atasan yang secara struktural harus dilaksanakan.

Ketika anggota tim tidak mengetahui WHY yang kuat untuk apa yang dia akan lakukan, bertanya adalah salah satu jalur untuk mendapatkan jawaban atas WHY dari action yang dilakukan.

Dalam case lain, bertanya akan membuat orang muncul dipermukaan dan terlihat diantara peserta suatu forum. Dalam seminar, kelas, konferensi, diantara puluhan/ratusan/ribuan orang, salah satu cara mudah agar kita “terlihat” adalah dengan bertanya. Tentu saja bertanya harus sesuai dengan topik dan diusahakan pertanyaan berbobot.

Dalam forum yang berulang (kelas/komunitas/pekerjaan) jika cara ini kita konsisten lakukan, kita akan lebih dikenali dari pada orang lain yang lebih pasif.

Untuk bisa melakukan ini, tentunya tidak mudah, apalagi bagi orang bertipe introvert. Penanya harus mengalahkan rasa takut dari diri sendiri dan pikiran akan respon dari orang lain yang tidak bisa diprediksi.

Untuk itu, belajar bertanya menjadi kunci, belajar bukan hanya membaca dan mendengar. Belajar berbicara dan aktif bertanya bisa di mulai dalam forum kecil, diskusi meja antar teman. Dengan pembiasaan seperti ini, maka tinggal di tingkatkan dalam skala yang lebih besar

#PersonalDevelopment
#OptimasiKerja
#Karir

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top