Tanggung Jawab Manager #ManagerTipsSeries #02

Sudah jadi bahasan umum bahwa tugas Manager adalah melaksanakan fungsi POAC – Planning, Organizing, Actuating, Controlling.
Penjelasan singkatnya adalah:
– Planning : Perencanaan
– Organizing : Pengorganisasian/Pembagian tugas/Delegasi
– Actuating : Penggerakan
– Controlling : Pengawasaan

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan konsep manajemen tersebut. Yang salah adalah ketika implementasi di lapangan tidak sesuai dengan prinsip manajemen yang akuntabel.

Salah satu sisi lemah dalam implementasi POAC adalah ketika Delegasi dianggap sebagai pengalihan tanggung jawab. Leader tidak bertanggung jawab dengan capaian dari tim dengan alasan tugas tersebut sudah di delegasikan.

Dalam Implementasi lapangan, agar akuntabel, perlu memegang 2 prinsip utama:
1. Semua task/tugas/pekerjaan adalah tugas dari Manager.
Tapi sesuai prinsip POAC, Manager dapat melakukan delegasi ke tim. Dengan konsep ini, manager harus bertanggung jawab terhadap hasil pekerjaan yang dihasilkan timnya.
2. Manager harus melakukan aksi-aksi managerial yang terukur untuk dapat mencapai prinsip no 1 diatas.
Aksi manajerial dapat berupa: Supporting (memberikan dukungan), Coaching (melakukan pembinaan), Directing (Mengarahkan), maupun Empowering (memberdayakan)

https://www.linkedin.com/posts/soegi_managertipsseries-activity-6799673701009883136-_iCF

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top