Menata, memilah, mengevaluasi, menyingkirkan yang tidak relevan

Saya secara kontinyu, walaupun tidak terjadwal, selalu mengevaluasi barang-barang yang ada dirumah. Terkadang barang yang dulu relevan, sekarang menjadi tidak relevan lagi dan harus di gudangkan ataupun dibuang.

Barang yang dulu sering kita pakai, sekarang sudah tidak dipakai karena sudah ada penggantinya, sudah tidak muat untuk dipakai, sudah rusak, atau sudah tidak layak untuk dipakai.

Sebagai professional dalam dunia kerja, kita juga ibarat barang-barang yang ada di rumah. Ada masa berlakunya, bisa tidak berguna, bisa di upgrade, bisa diganti, dan bisa dibuang.

? Satu-satunya caranya agar tetap dipertahankan dan tetap berguna, yaitu Stay Relevan ?. Bagaimana biar tetap relevan. Berikut beberapa tips:

✅ Terus belajar meningkatkan skill
Professional di hire karena skillnya, kalau skillnya segitu-segitu aja dan skillnya sudah tidak relevan dengan perkembangan, apakah dia masih di sebut professional?

? Meningkatkan skill komunikasi
Komunikasi baik tertulis maupun lisan, perlu ditingkatkan. Apapun role kita, kemampuan ini multak diperlukan. Kalau pekerjaannya memang tidak banyak berinteraksi dengan orang, tingkatkan kemampuan komunikasi menulis, baik dokumentasi kerja maupun penyampaian ide.

? Meningkatkan skill managerial
Untuk bisa mengasah dan meningkatkan Skill managerial, tidak harus menjadi manager. Setiap orang di level apapun bisa mengasahnya. Kuncinya di bagaimana mengelola pekerjaan sendiri, berkontribusi dalam tim dan membantu pencapaian Tim

? Menemukan dan/ atau Menyelesaikan Problem
Hal yang membedakan kenapa orang berbeda beda bayarannya adalah seberapa banyak kontribusi dia dan seberapa sulit problem yang dipecahkan.

⬇️
Pada akhirnya, semua orang ada masa berlakunya, setiap orang ada expirednya. Yang perlu kita lakukan adalah membuat kita tetap relevan, terus belajar dan meningkatkan skill diri.

Jika kita terus menjaga kita tetap relevan, maka seberapa kencang perubahan di sekitar kita, maka kita akan tetap tidak tergerus dan terbawa arus

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top