Sekarang banyak digaungkan agar organisasi terutama perusahaan untuk melakukan digitalisasi. Tapi sayangnya digitalisasi hanya dilakukan sebagai ACTIVITY saja, bukan untuk mengejar OUTCOME perusahaan.
Ketika hanya mengejar activity, maka akan tercapai jika activity sudah dilaksanakan, meskipun tidak ada dampaknya.
Berbeda dengan mengejar OUTCOME, maka activity disusun dan disesuaikan untuk bisa mengejar manfaat dari tercapainya outcome.
Dalam konteks digitalisasi penting untuk menjadikan #OptimasiKerja menjadi salah satu outcome dari digitalisasi. Oleh karena itu perlu analisis optimasi yang kuat, agar digitalisasi tidak hanya membuang resource waktu, tenaga dan biaya.
Digitalisasi tidak sama dengan 100% beralih menggunakan aplikasi.
Banyak kasus aplikasi gagal implementasi karena aplikasinya tidak sesuai.
Banyak kasus aplikasi dipakai tapi tidak bertahan lama karena terlalu membebani.
Berikut ini beberapa kunci digitalisasi:
1. Orientasikan #OptimasiKerja dan #OptimasiBisnis
2. Tools dan Teknologi yang tepat
3. Digitalisasi sesuai proporsi, berdasarkan kajian #OptimasiBisnis
4. Dukungan Budget yang memadai
5. Dukungan SDM yang Agile (Mau belajar, Mau melakukan Perubahan)
6. Dukungan Change Management dari Stakeholder dan Shareholder
7. Evaluasi impact digitalisasi dan aksi terhadap hasil evaluasinya