Sebagai manusia yang memiliki karakter pembelajar dan terus bertumbuh, kesalahan berulang tidak bisa dianggap remeh.
Apa sih kesalahan berulang yang biasa dilakukan:
– Tidak achieve target
– Tidak perform sesuai standar
– Task overdue dari due date yang ditetapkan
– Pekerjaan dibiarkan menggantung tanpa kejelasan plan lanjutannya
– Tidak menjalankan instruksi/SOP yang telah di tetapkan
Bagaimana cara agar kesalahan berulang tidak terjadi?
1. Komitmen pada diri sendiri untuk menyelesaikan problem berulang. Hal ini penting karena dengan komitmen yang kuat sudah menyelesaikan 50% problem yang dihadapi
2. Catat setiap ada kesalahan/mendapat feedback, catat juga kapan itu terjadi. Catat jika itu adalah kesalahan yang berulang
3. Secara reguler, review point 2 untuk mengevaluasi apakah yang menyebabkan kesalahan berulang
4. Diskusikan dengan leader untuk mendapatkan feedback tentang analisis kesalahan berulang yang telah disusun
5. Buat dan Jalankan strategi yang telah divalidasi agar tidak terjadi lagi kesalahan yang sama